Bedah Teknologi Mesin Honda PCX 150
“Kalau dibanding PCX sebelumnya, perubahan di sektor engine mencapai 80 persen. Tapi kalau dengan Honda Vario Techno 125 PGM-FI, hanya sekitar 25 persen,” buka Sarwono Edi, Technical Training Manager, PT Astra Honda Motor (AHM). Nah, apa saja bedanya? Langsung disimak!
Mulai dari kepala silinder. Di cylinder head terdapat beberapa penyempurnaan salah satunya adalah benjolan kecil di saluran masuk (IN) atau dekat dengan seating klep. "Ini merupakan penyempurnaan agar aliran bahan bakar jadi lebih lancar. Kalo sebelumnya terdapat sudut yang bikin aliran kabut bahan bakar terhambat,” jelas Edi, sapaan akrabnya.
Roller rocker arm baru lebih kecil
Pelatuk klep sama-sama menganut bearing atau biasa kita kenal
dengan istilah Roller Rocker Arm. Antara punya PCX 150 dengan Vario 125
modelnya sama, namun berbeda bentuk dengan PCX 125 yang lebih besar.Turun dikit ke area ruang bakar. Mesin barunya ini memiliki desain blok silinder baru. Pergerakan yang tegak lurus tanpa tekanan ke dinding silinder secara berlebihan itu akan dilepas lapisan luar yang menyerupai kulit jeruk. Tujuannya untuk mengurangi hawa panas dengan cepat.
Makanya selain ada jalur air radiator, juga ada lubang pendinginan. Lubang ini mengalirkan uap panas dari dalam mesin ke luar. “Kalo sekarang ada dua lubang dan menjadi lebih dingin dan mesin lebih enteng,” tambahnya.
Stroke tetap 57,9 mm tapi diameter piston jadi 58,0 mm
Selain itu kombinasi diameter piston 58,0 mm dengan stroke 57,9
mm, membuat kapasitas murni jadi 152,9 cc. Sedang PCX 125 dan Vartec 125
berdiameter 52,4 mm dengan langkah yang sama. Tapi diameter pen
pistonnya lebih gede 1 mm dari Vartec 125 maupun PCX 125 (13 mm).
Didukung oleh throttle body yang lebih gambot
"Kruk as PCX 150 juga lebih kokoh dan besar. Sehingga getaran
jadi lebih kecil. Makanya mesin lebih halus dengan pakai laher yang
lebih besar," sahut pria kelahiran Solo, Jateng ini. Alhasil, top speed
meningkat 7,5 persen dari 94 km/jam menjadi 101 km/jam.
Rasio final gear berat, top speed meningkat
Makanya akselerasi motor bisa lebih cepat 5 persen dari generasi
sebelumnya. Dari hasil uji coba yang dilakukan Honda, menempuh jarak
200 meter sangup dicapai hanya dalam waktu 12,6 detik. Kalau PCX 125
sampai 13,3 detik. (motorplus-online.com)
Penulis : Teguh | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok Tabloid OTOMOTIF
0 comments :
Post a Comment